logo
Hari ini

 

Jumlah Pengunjung
Welcome
image

Tadris Matematika

024-7601295

Informasi
Website Terkait

Matematika Walisongo Sambut Warga Baru

 

Kamis (29/08), beberapa anak Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Walisongo tengah sibuk mempersiapkan acara penyambutan mahasiswa baru Tadris Matematika. Pada hari kedua Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang itu, setiap jurusan telah diagendakan untuk memberikan Orientasi Jurusan dan Orientasi Kelembagaan kepada mahasiswa baru. Orientasi Jurusan yang dilaksanakan lebih dulu daripada Orientasi Kelembagaan bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang jurusan Tadris Matematika. Sedangkan Orientasi Kelembagaan sendiri bertujuan untuk memperkenalkan lembaga kemahasiswaan tingkat jurusan yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris, termasuk HIMATIKA yang berada dibawah naungannya.

Kegiatan yang bertempat di Laboratorium MIPA lantai tiga, tepatnya di Laboratorium Matematika tersebut dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah dibuka oleh Ibu Lulu Choirunnisa selaku sekretaris jurusan, acara dilanjutkan dengan pengenalan seputar Tadris Matematika oleh Bapak Saminanto selaku Ketua Jurusan Tadris Matematika. Beliau mengawali orientasi dengan mengucapkan selamat datang di lingkungan akademik Jurusan Tadris Matematika kepada mahasiswa baru.

Dalam orientasi tersebut, ketua jurusan yang menjabat sejak tahun 2011 itu memperkenalkan mahasiswa baru tentang profil jurusan baik sejarah pendirian maupun dasar hukum termasuk hasil akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tahun 2008 dengan prodi di Tadris yang satu-satunya mendapat nilai B, dasar pelaksanaan, serta visi, misi, dan tujuan jurusan Tadris Matematika. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan kurikulum, dosen pengampu mata kuliah, sarana prasarana perkuliahan, wisudawan, dan serapan kerja alumni. Berdasarkan data yang diperoleh jurusan, alumni jurusan Tadris Matematika sebanyak 15 orang telah dan sedang menempuh studi S2. Lima orang diantaranya menjadi tenaga dosen di perguruan tinggi yang salah satunya di jurusan Tadris Matematika sendiri, yaitu Bapak Aunur Rohman.

Selain Bu Lulu dan Pak Sam, panggilan akrab mereka, acara tersebut juga dihadiri oleh dosen-dosen Matematika. Selama penyampaian orientasi oleh Pak Sam, mahasiswa baru terlihat antusias mendengarkannya karena gaya penyampaian dosen terinspiratif Jurusan Tadris Matematika oleh Tadris Award 2012 ini santai dan tidak jarang diselingi dengan candaan. “Semua yang telah kami sampaikan semata-mata untuk membekali pengetahuan mahasiswa, jadi kami tidak ingin moment penting ini terkesan membosankan,” terang Pak Sam menegaskan.

Tepat pukul 12.00 WIB, Orientasi Jurusan ditutup dengan diiringi oleh tepuk tangan meriah dari mahasiswa baru. Mahasiswa baru diberi waktu satu jam untuk istirahat, kemudian kembali ke laboratorium Matematika lagi untuk melanjutkan mengikuti kegiatan berikutnya yaitu Orientasi Kelembagaan. Orientasi Kelembagaan tersebut dibagi menjadi dua season. Season pertama diisi oleh HMJ Tadris, sedangkan season kedua diisi oleh HIMATIKA.

Selain memperkenalkan lembaga kemahasiswaan, Orientasi HMJ yang disampaikan oleh Mas Akhi Sofiyudin, Ketua HMJ Tadris, secara umum juga menjelaskan kondisi kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. “Semoga dengan memahami kehidupan dan iklim kampus, mahasiswa baru khususnya mahasiswa Matematika dapat mengembangkan keilmuan matematika dengan terus belajar dan berproses,” tutur Akhi.

Setelah Orientasi HMJ, acara diambil alih oleh pengurus HIMATIKA. Acara dilanjutkan dengan pengenalan HIMATIKA kepada mahasiswa baru. Pengenalan yang meliputi kepengurusan dan kegiatan organisasi HIMATIKA tersebut dipimpin oleh Arif Rahman Amiruddin, Ketua Umum HIMATIKA Walisongo dan bergantian dengan pengurus lainnya. Orientasi ini hanya sebatas pengenalan dunia HIMATIKA Walisongo secara umum, karena pertemuan awal dengan mahasiswa baru kali ini akan berlanjut di acara Ta’aruf HIMATIKA yang akan dilaksanakan pada minggu ke-dua bulan September.

Wajah-wajah lugu dan ceria mahasiswa baru menunjukkan bahwa Orientasi Kelembagaan oleh HIMATIKA tersebut berlangsung menyenangkan. Arif mengungkapkan bahwa pengurus HIMATIKA sangat senang menyambut mahasiswa yang telah menjadi warga baru di HIMATIKA Walisongo. “Mereka sangat aktif dan berantusias merespon terhadap apa yang kami sampaikan,” imbuhnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Arif, salah satu mahasiswa baru juga menyatakan perasaan bangganya karena ia berada di Jurusan Tadris Matematika. “Saya tidak bisa berkata apa-apa, hanya sangat bersyukur dan senang,” ungkap Kuwatno, mahasiswa asal Purbalingga.

Lap. Ma'rufiana (TM-5A)

Wed, 4 Sep 2013 @14:20


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright 2022 Tadris Matematika All Rights Reserved