logo
Hari ini

 

Jumlah Pengunjung
Welcome
image

Tadris Matematika

024-7601295

Informasi
Website Terkait

Workshop "Pengembangan Instrument Penjaminan Mutu"

Selasa (27/8) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang mengadakan workshop dengan tema “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENJAMINAN MUTU” yang bertempat di hotel Ungaran Cantik. Workshop ini membahas mengenai pengembangan instrumen penjaminan mutu Prodi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Narasumber dalam acara kali ini yaitu Dr. Sugiyanto, M.Si (Ketua Penjaminan Mutu UNNES) dan Munawwar Khalil, M.Ag (Ketua Penjaminan Mutu UIN Yogyakarta).

Sugiyanto kali ini memaparkan mengenai Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU No.12 Tahun 2012). Undang-undang tersebut terdiri dari beberapa pasal yang mengatur program studi yang berkaitan dengan penjaminan mutu. Selain itu, ketua Penjaminan Mutu UNNES ini juga mengungkapkan mengenai sistem penjaminan mutu perguruan tinggi dan sistem penjaminan mutu program studi. Dengan adanya sistem penjaminan mutu, program studi maupun perguruan tunggi mampu meningkatkan kualitas mutu pendidikan melebihi standar minimal yang tercantum dalam Undang-Undang tersebut. Di akhir pemaparannya, beliau juga menekankan mengenai evaluasi sebagai suatu bentuk kegiatan penting yang harus dilakukan sehingga dapat mengetahui kondisi nyata serta dapat memperbaiki kinerja sistem.

Tidak berbeda dengan narasumber pertama, Munawwar Khalil menjelaskan tentang sistem penjaminan mutu di Prodi. Namun terdapat perbedaan pada bagaimana cara membangun sistem penjaminan mutu di Prodi. Ketua PLPG Th 2013 FITK UIN Sunan Kalijaga ini juga sedang mendampingi implementasi sistem Quality Academic (QA) di 6 tempat sehingga kali ini beliau juga membahas mengenai pengembangan dan bentuk jenis instrumen QA di lingkunga Prodi. Di samping itu, beliau juga mempresentasikan Rencana Mutu UIN Suka yang dapat dijadikan pertimbangan bagi dosen IAIN Walisongo untuk menjalankan proses akademik dengan baik.

Acara yang dimoderatori oleh Dr. Fahrurrozi, M.Ag dan Lulu Choirunnisa, S.Si, M.Pd ini berlangsung  dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB berjalan dengan lancar. Workshop ini diikuti oleh petinggi masing-masing jurusan dan kepala bagian di lingkungan FITK. Acara dibuka langsung oleh Dekan FITK, Dr. H. Sudja’I, M.Ag dengan didampingi oleh Wakil Dekan II, Drs. Abdul Wahid, M.Ag. Acara ditutup oleh Wakil Dekan I bidang akademik FITK, Drs. H. Shodiq, M.Ag.

Wed, 4 Sep 2013 @14:20


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright 2022 Tadris Matematika All Rights Reserved